Rabu, 14 September 2011

Debat Lingkungan 2003

Berdasarkan hasil survey yang di adakan Balai Taman Nasional Kutai tentang Taman Nasional Kutai (TNK) untuk masyarakat di sekitar kawasan dan survei oleh BIKAL untuk masyarakat di sekitar kawasan menunjukan bahwa TNK tidak cukup popular di masyarakat. Salah satu usaha untuk mempopulerkannya adalah dengan membuat serangkaian program kampanye di masyarakat dengan menggunakan berbagai media.

Serangkaian program untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di berbagai level direncanakan, salah satu program tingkat SLTA adalah Debat mengenai Lingkungan.Program ini di khususkan kepada pelajar SLTA untuk untuk membangkitkan daya berkomunikasi dan berargumentasi atas lingkungan sekitar.

Tujuan kegiatan ini adalah Memperkenalkan keberadaan (termasuk potensi, fungsi, manfaat dan permasalahan/ ancaman) TNK dan lingkungan lainnya, Menambah wawasan mengenai lingkungan kepada pelajar, Menggugah kepedulian pelajar terhadap TNK dan lingkungan sekitar serta Sebagai wadah bagi pelajar untuk melatih kemampuan berargumentasi dan berbicara di depan umum.

Debat Lingkungan tingkat SLTA se-Kota Bontang ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 24 Juni 2003 bertempat di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Selatan, dimulai pukul 08.30 – 12.00 Wita, dan disiarkan secara langsung oleh Radio BUANA FM Bontang. Selain disiarkan secara langsung oleh radio BUANA, ada juga kuis interaktif untuk pendengar radio di Kota Bontang beserta hadiah dan bingkisan dari NRM III Kaltim, BIKAL, UPHL Sungai Wain, dan PT. Kaltim Prima Coal (KPC), dan Balai TNK.

Pelaksanaan kegiatan diputuskan dan ditetapkan pada tanggal 24 Juni 2003 karena bertepatan dengan selesainya ujian semester akhir siswa SLTA dan menunggu datangnya liburan panjang. Dengan pemilihan waktu ini dirasakan sangat tepat karena selain untuk melepas ketegangan setelah ujian, siswa-siswi juga dapat memperoleh manfaat dan pengalaman menambah wawasan dan pengetahuan yang tidak diperoleh di sekolah, dengan mengikuti Debat Lingkungan Taman Nasional Kutai ini.

Debat Lingkungan ini diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Kutai bekerjasama dengan Mitra Taman Nasional Kutai (PT. Pertamina), dan Yayasan Bina Kelola Lingkungan (BIKAL), Kelompok Wana Lestari (Kenari), NRM III Kaltim, Dinas Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Kota Bontang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang, Pecinta Alam Bontang, Kader Konservasi, dan Saka Wanabakti yang dituangkan dalam Keputusan Kepala Balai Taman Nasional Kutai Nomor : 62/Skpt/IV-BTNK/2/2003 tanggal 19 Mei 2003 tentang Pembentukan Tim Program Debat Lingkungan Taman Nasional Kutai.

Peserta sebanyak 2 tim/sekolah dipilih berdasarkan survey pendahuluan terhadap seluruh Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yaitu seluruh SMU dan SMK di Kota Bontang. Tiap sekolah dipilih 20 siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang TNK dan lingkungan hidup Kota Bontang yang dituangkan dalam Quisioner Debat Lingkungan. Dua sekolah yang mempunyai jawaban kumulatif sangat berlawanan akan dipertemukan dalam acara Debat dimaksud. Sekolah yang mempunyai jawaban paling berlawanan adalah SMUN 1 dan SMK Putra Bangsa.

Acara inti debat lingkungan dibagi menjadi 2 babak, babak pertama peserta diminta jawaban argumentatif mengenai TNK, mangrove, dan terumbu karang. Sedangkan pada babak kedua peserta diminta mengomentari mengenai feature yang ditayangkan oleh panitia. Secara lengkap matriks acara debat lingkungan.

Narasumber/Juri Debat Lingkungan ini terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu :
1. Ade Suharso, S. Hut. (Balai Taman Nasional Kutai)
2. Saparuddin N. Z., S. Hut. (BIKAL)
3. Benny Sapriani, S. Hut. (Dinas Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Kota Bontang)

Adapun kriteria penilaian debat, terdiri dari beberapa aspek, yaitu :
a)Penampilan
Aspek yang dinilai :
-Kekompakan
-Sikap/Penampilan
-Ekspresi/Emosi/Mimik
b)Gaya Bahasa
Aspek yang dinilai :
-Tata Bahasa/sistematika yang digunakan
-Kosa kata yang digunakan
-Retorika/persuasif yang disampaikan
c)Argumentasi
Aspek yang dinilai :
- Keuletan mempertahankan pendapat
- Topik Permasalahan
- Wawasan terhadap tema

Pemenang terdiri dari Tim/Sekolah Terbaik, Peserta Terbaik, dan Tim Peserta yang ditentukan berdasarkan jumlah pengumpulan nilai rata-rata tertinggi. Regu yang berhasil menjadi pemenang adalah :

Tabel 2. Pemenang Debat Lingkungan Tingkat SLTA Bontang Tahun 2003

PEMENANG ASAL PESERTA
Tim Terbaik SMU Negeri 1 - Jumiati Ulfah
                                      - Kwee Cahya Faisal
Peserta/Tim SMK Putra Bangsa - Meti Amedinah
                                            - Sugiatik Yuningsari
Peserta Terbaik SMU Negeri 1 Kwee Cahya Faisal

Pemenang mendapatkan 1 (satu) paket bingkisan dari NRM III Kaltim, BIKAL, dan Balai TNK, serta piagam penghargaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar